Thursday , January 21 2021
Home / Berita / Dihajar Pandemi, Kinerja BPD Tetap Kinclong
lantaibursa.id/MS Fahmi Direktur Umum/Plt Direktur Utama Bank Pembangunan Daerah Maluku dan Maluku Utara (BPD Maluku Malut) Arief Burhanudin. W (tengah) bersama Direktur Pemasaran Arleta da. Costa (kanan), Direktur Kepatuhan Izaac Thenu berbincang usai Penawaran Umum Obligasi II Bank Maluku Malut di Jakarta, Selasa (07/11).

Dihajar Pandemi, Kinerja BPD Tetap Kinclong

JAKARTA-Meski tertekan oleh pandemi COVID19, kinerja Bank Pembangunan Daerah (BPD) diklaim masih bisa bertahan, dan bahkan tetap tumbuh secara meyakinkan. Hingga Agustus 2020 lalu, misalnya, aset BPD tercatat telah mencapai Rp772,58 triliun, atau tumbuh sekitar 10,46 persen dibanding Agustus 2019 yang masih di level Rp699,43 triliun. Sedangkan posisi kredit juga tumbuh, dari Rp445 triliun pada Agustus 2019, menjadi Rp476,93 triliun pada Agustus 2020 lalu. “Dari segi Dana Pihak Ketiga (DPK) juga meningkat 12,07 persen secara year on year. Saat ini ada tiga BPD yang masuk dalam Buku I, sementara di BUKU II dan BUKU III ada 20 dan 4 BPD. Namun Insya Allah pada Desember semua BPD sudah masuk ke BUKU II sampai BUKU III,” ujar Direktur Eksekutif Asosiasi Bank Pembangunan Daerah (Asbanda), Wimran Ismaun, saat membuka gelaran acara penghargaan Best BPD Award 2020, yang diselenggarakan oleh Warta Ekonomi, Jumat (27/11).

Dengan adanya penghargaan yang secara khusus diperuntukkan bagi BPD ini, Wimran berharap dapat semakin menyemangati insan BPD untuk dapat meningkatkan kinerja bisnisnya. Termasuk dalam pengembangan inovasi produk dan jasa yang dimiliki, pemgembangan sinergi serta integrasi bisnis yang dapat berkontribusi terhadap kemajuan pembangunan ekonomi di daerah masing-masing. “Sehingga ke depan kita bisa berharap kinerja BPD terus dapat tumbuh secara maksimal, sehingga turut menjadi tulang punggung terhadap geliat perekonomian di daerah, yang itu juga bakal membawa pengaruh positif terhadap perekonomian nasional secara keseluruhan,” tegas Wimran. (JAT)

Check Also

IRRA Optimis Estimasi Laporan Keuangan 2020 Bertambah Baik Pasca Adanya Revisi

JAKARTA – PT Itama Ranoraya Tbk (IRRA) emiten yang bergerak dibidang peralatan dan perlengkapan medis …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *