Tuesday , August 3 2021
Home / Berita / Herstory Apresiasi Kiprah Tokoh Perempuan Melalui Indonesia Most Powerful Women 2021

Herstory Apresiasi Kiprah Tokoh Perempuan Melalui Indonesia Most Powerful Women 2021

JAKARTA – Indonesia berhasil mencatatkan prestasi gemilang dalam hal partisipasi ekonomi dan kesempatan berusaha bagi perempuan.

Sejak tahun 2015 lalu hingga saat ini, terjadi lonjakan signifikan terkait peringkat Indonesia diantara negara-negara lain dalam hal partisipasi perempuan dalam berbagai bidang kehidupan di masyarakat. Diantara 153 negara di dunia, pada tahun 2015 lalu Indonesia berada di peringkat 114, dan lalu secara perlahan membaik menjadi peringkat 107 di tahun 2016.

“Pada tahun 2018, Indonesia bahkan berhasil masuk jajaran 100 besar dengan berada di peringkat 96, dan lalu melesat ke peringkat 68 pada tahun 2020 ini,”ujar Direktur Pemberitaan dan Content Herstory, Cahyo Prayogo, saat membuka acara penghargaan Indonesia Most Powerful Women 2021, yang diselenggarakan secara virtual oleh Herstory, member of Warta Ekonomi Group, pada Rabu (20/1).

Menurut Cahyo, lonjakan signifikan tersebut bisa terjadi lantaran didukung oleh pertumbuhan jumlah keterlibatan tokoh-tokoh perempuan dalam peran-peran penting di berbagai bidang kehidupan di tingkat nasional.

Karenanya, Herstory dan Warta Ekonomi bermaksud memberikan apresiasi terhadap kiprah dan sepak terjang para tokoh perempuan tersebut dalam memajukan Indonesia, terutama dalam dunia bisnis dan perekonomian nasional.

“Betapa sepak terjang dan beragam inovasi yang telah mereka inisiasi telah terbukti berkontribusi besar terhadap pengembangan iklim bisnis di Tanah Air. Sebagaimana kita tahu, di balik sosoknya yang lembut, namun perempuan juga memiliki sisi tangguh dan kekuatan yang juga diperlukan dalam membangun negeri ini,”ujar Pemimpin Redaksi Herstory, Clara Aprilia Sukandar, dalam kesempatan yang sama.

Terkait penyelenggaraan Indonesia Most Powerful Women 2021 ini, Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA), I Gusti Ayu Bintang Darmawati Puspayoga, menyatakan apresiasinya terhadap inisiatif yang diambil oleh Herstory dan Warta Ekonomi Group.

Dengan bertujuan memberikan penghargaan kepada para wanita dalam jajaran perusahaan yang telah memberikan inspirasi dengan kinerja yang baik dan kepemimpinan yang hebat, Menteri PPPA berharap penyelenggaraan acara ini dapat juga sekaligus mendorong seluruh perusahaan di Indonesia untuk ikut mengimplementasikan azas kesetaraan gender guna mencapai pertumbuhan bisnis yang berkelanjutan.

“Konstitusi Republik Indonesia yaitu UUD 1945 telah menjamin hak-hak yang sama bagi laki-laki dan perempuan. Di lain pihak, Badan Pusat Statistik (BPS) pada 2018 mencatat bahwa jumlah penduduk Indonesia secara gender juga relatif setara, yaitu sebanyak 49,8 persen perempuan dan 50,2 persen laki-laki. Sangat disayangkan bila dengan jumlah yang relatif sama ini ternyata masih ada ketimpangan akses dalam berpartisipasi terhadap pembangunan dan juga menerima manfaat yang seharusnya berhak mereka semua dapatkan di berbagai bidang, termasuk di bidang ekonomi,” ujar Bintang Puspayoga.

Dengan tema “The Great Inspiring Women Leaders,” melalui Indonesia Most Powerful Women 2021, HerStory Indonesia dan Warta Ekonomi mengapresiasi banyaknya wanita yang menjabat dalam posisi penting berbagai organisasi dan berperan dalam mengembangkan bisnis di Indonesia, menjadikan wanita sebagai peran yang dapat diperhitungkan dan tentunya menginspirasi bagi khalayak umum.

Penghargaan ini juga dipersembahkan untuk perusahaan yang dipimpin oleh para wanita hebat, yang telah ikut andil dalam mendirikan hak keseteraan gender dalam pembangunan ekonomi.

Dalam kajiannya, tim peneliti HerStory dan Warta Ekonomi melakukan penilaian dengan metode media monitoring untuk mendapatkan kandidat-kandidat pemenang wanita dengan kategori jabatan chief (Executive, Financial, Operating, Marketing) officer, direktur, pengusaha atau founder.

Adapun indikator penilaian yang digunakan sebagai parameter untuk menentukan penghargaan yang sesuai untuk setiap kandidat, yaitu inovasi, prestasi, citra tokoh, serta proaktif dan kreatif. (AHM)

Check Also

Chandra Asri Raih Investasi USD1,7 Miliar

Jakarta – PT Chandra Asri Petrochemical Tbk (CAP), Perusahaan Petrokimia terbesar yang terintegrasi di Indonesia, …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *