Tuesday , March 2 2021
Home / Berita / Others / Bos EXCL Ditahbiskan Jadi Tokoh Perempuan Berpengaruh di Indonesia

Bos EXCL Ditahbiskan Jadi Tokoh Perempuan Berpengaruh di Indonesia

JAKARTA-Direktur Utama PT XL Axiata Tbk, Dian Siswarii, baru saja mendapatkan penghargaan dalam gelaran penghargaan Indonesia Most Powerful Women 2021 yang diselenggarakan oleh Herstory, member of Warta Ekonomi Group. Dalam ajang tersebut, Dian bersama para perempuan yang kini tengah menjabat sebagai petinggi di berbagai perusahaan di Indonesia dianggap telah berhasil mengembangkan diri sekaligus memajukan Indonesia dalam dunia bisnis dan perekonomian nasional. Diantaranya adalah Presiden Direktur AXA Financial Indonesia Niharika Yadav, CEO PT Austindo Nusantara Jaya Istini Tatiek Siddartha dan masih banyak lagi tokoh-tokoh perempuan nasional lainnya. “Tokoh-tokoh inspiratif ini secara nyata telah menjadi alasan kuat atas terus membaiknya indeks partisipasi perempuan dalam aktifitas ekonomi dan kesempatan berusaha di Indonesia dalam lima tahun terakhir. Karena itu, dengan bangga kami ingin mempersembahkan apresiasi berupa penghargaan setinggi-setingginya atas kiprah dan prestasi mereka selama ini,” ujar Direktur Pemberitaan dan Content Herstory, Cahyo Prayogo, saat membuka gelaran Indonesia Most Powerful Women 2021 secara virtual, Rabu (20/1).

Dijelaskan Cahyo, posisi Indonesia terkait partisipasi perempuan dalam aktifitas ekonomi dan kesempatan berusaha pada tahun 2015 masih berada di peringkat 114 dari total 153 negara di dunia. Lalu pada tahun 2016 posisi peringkat tersebut membaik menjadi peringkat 107. Kemudian, pada tahun 2018, Indonesia masuk 100 besar dengan berada di peringkat 96, lalu melesat ke peringkat 68 pada 2020. “Lonjakan signifikan tersebut bisa terjadi lantaran didukung oleh pertumbuhan jumlah keterlibatan tokoh-tokoh perempuan dalam peran-peran penting di berbagai bidang kehidupan di tingkat nasional,” tutur Cahyo.

Terkait pemberian penghargaan pada para tokoh perempuan tersebut, Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) I Gusti Ayu Bintang Darmawati Puspayoga memberikan apresiasi setinggi-tingginya atas inisiatif yang diambil oleh Herstory dan Warta Ekonomi Group itu. Dengan bertujuan memberikan penghargaan kepada para perempuan dalam jajaran perusahaan yang telah memberikan inspirasi dengan kinerja yang baik dan kepemimpinan yang hebat, Bintang berharap acara ini juga sekaligus dapat mendorong seluruh perusahaan di Indonesia untuk turut mengimplementasikan azas kesetaraan gender guna mencapai pertumbuhan bisnis yang berkelanjutan. “UUD 1945 menjamin hak-hak yang sama bagi laki-laki dan perempuan. Di lain pihak, Badan Pusat Statistik (BPS) pada 2018 mencatat, jumlah penduduk Indonesia secara gender relatif setara, yaitu sebanyak 49,8% perempuan dan 50,2% laki-laki. Sangat disayangkan bila dengan jumlah yang relatif sama ini ternyata masih ada ketimpangan akses dalam berpartisipasi terhadap pembangunan dan juga menerima manfaat yang seharusnya berhak mereka semua dapatkan di berbagai bidang, termasuk di bidang ekonomi,” tegas Bintang Puspayoga. (JAT)

Check Also

Askrindo Serahkan Santunan 10,6 Milyar kepada Crew Sriwijaya Air & Nam Air

JAKARTA – PT Asuransi Kredit Indonesia atau Askrindo, anggota Holding Perasuransian dan Penjaminan, Indonesia Financial …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *