Saturday , April 10 2021
Home / Berita / Kaji IPO, Gos Catering Akan Lebih Agresif Ekspansi ke Luar Negeri

Kaji IPO, Gos Catering Akan Lebih Agresif Ekspansi ke Luar Negeri

JAKARTA – PT Global Oceania Sejahtera (GOS Catering) yang tergabung dalam GOS Group, sebuah perusahaan lokal Indonesia yang bergerak di bidang industrial catering, mampu menunjukkan eksistensi bahkan pertumbuhan yang luar biasa pada masa pandemi Covid-19, saat dimana banyak industri yang mengalami kesulitan untuk bertumbuh. Mereka bahkan menjadi partner dari sejumlah perusahaan asing di sektor minyak dan gas.

Pendiri sekaligus CEO GOS Catering, Agus Winarko menyampaikan bahwa, perusahhaan yang telah berdiri sejak tahun 2014 ini, awalnya menjadi food distributor yang menangani klien-klien di sektor minyak dan gas di Kalimantan Timur. Dalam perjalanan, perusahaan ini merambah ke bisnis industrial catering pada tahun 2017.

“Kita ingin menjadi pemain regional, kalau global mungkin belum tetapi regional,”ungkap pria yang kerap disapa Guswin.

Ia optimis GOS Catering yang sejatinya adalah local food services company ini akan tumbuh lebih cepat menjadi regional bahkan global food services company. Apalagi, secara umum, pangsa pasar katering masih sangat terbuka luas. Dalam perkiraan dia, kapasitas yang sudah terisi oleh para pemain di bisnis ini baru sekira 50%. Sisanya belum terisi sehingga ini akan menjadi peluang yang sangat besar untuk GOS Catering.

Oleh karena itu, untuk mewujudkan cita-citanya, GOS Catering saat ini tengah memasuki tahap perencanaan untuk melakukan penawaran umum perdana saham (IPO) di Bursa Efek Indonesia (BEI). Terkait hal tersebut, saat ini GOS Catering sedang melakukan konsolidasi dan restrukturisasi di internal perseroan, terkait aspek finansial, legal serta perpajakan dalam upaya melantai di Bursa.

“Sekarang GOS Catering sedang melakukan Pre-IPO. Target kami, (saham) siap untuk dicatatkan di Papan Utama. Dengan IPO, target kami ingin menjadi perusahaan regional, sebelum nantinya menjadi perusahaan global,”terang Guswin, dalam konferensi pers virtual di Jakarta, Kamis (25/2).

Karena terlalu dini, Guswin menegaskan bahwa perusahaan belum dapat mempublikasikan jumlah saham yang akan ditawarkan ke publik, kisaran harga serta penjamin emisi dalam IPO tersebut. “Kami juga belum bisa menyebutkan nama sekuritas (yang akan menjadi penjamin pelaksana emisi efek,” ucapnya.

Saat ini GOS Catering, selain menangani sejumlah klien baik perusahaan lokal maupun asing yang bergerak di sektor minyak dan gas, mereka juga mulai merambah ke sektor perkebunan dan sejumlah sektor lain. Para klien tersebar di Sumatera, Jawa, Kalimantan dan Papua.

Perusahaan ini pun akan mengembangkan sejumlah industri hulu dalam bentuk unit bisnis yang mendukung bisnis katering mereka. Bernaung dibawah GOS Group, Guswin menegaskan, industri hulu yang berkaitan dengan catering yang akan dikembangkan antara lain GOS Farm, GOS Nutrient, GOS Packs dan GOS Xperience.

“Kita ingin menjadi integrated food services company,”ungkap pendiri GOS Catering ini. (AHM)

Check Also

Enam Penasihat Perkuat Startup DNA Blockchain DeBio

Jakarta – Decentralized Bio Network (DeBio) merupakan sebuah startup teknologi pengguna sistem canggih blockchain yang …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *