Sunday , August 1 2021
Home / Berita / Chandra Asri Borong 3 Penghargaan di Ajang Top CSR Awards 2021

Chandra Asri Borong 3 Penghargaan di Ajang Top CSR Awards 2021

Jakarta – PT Chandra Asri Petrochemical Tbk (TPIA) meraih tiga penghargaan sekaligus dalam ajang TOP CSR Awards 2021.

Tiga penghargaan yang diraih oleh perusahaan, yakni, perusahaan meraih penghargaan pada kategori Top CSR Award 2021 Bintang 4, Top Leader on CSR Commitment 2021 yang diraih oleh Presiden Direktur Chandra Asri Erwin Ciputra, dan Inovation of Plastic Waste Technology.

Kategori penghargaan diklasifikasikan dalam bentuk level bintang/star, yakni bintang 1 (terendah) hingga bintang 5 (tertinggi).

Ada tiga kriteria utama penilaian penghargaan yang diraih Chandra Asri dalam TOP CSR Awards 2021. Pertama, tingkat adopsi CSR perusahaan terhadap ISO 26000 social responsibility.

Kedua, keselarasan progfram CSR dengan strategi bisnis perusahaan. Ketiga, bagaimana prinsip-prinsip GCG melandasi pelaksanaan program CSR perusahaan.

“Chandra Asri berkomitmen pada tiga prinsip dalam tanggung jawab sosial perusahaan (CSR), yani People, Planet, Profit dengan mengadopsi pendekatan Environment, Social, dan Governance,” ucap Direktur Chandra Asri Suryandi dalam keterangan resminya, Jumat (23/4/2021).

Bahkan, kata dia, perusahaan dalam memulai perjalanan bisnis yang berkelanjutan, selalu meningkatkan kinerja dan menciptakan kehidupan yang harmonis dengan masyarakat sekitar dan lingkungan.

Tanggung jawab sosial perusahaan

Suryandi menyebut, ada beberapa kontribusi Chandra Asri dalam program pembangunan berkelanjutan serta tanggung jawab sosial, seperti Chandra Asri terus berkomitmen untuk mengedepankan upaya-upaya keseimbangan antara keberlanjutan bisnis dengan tanggung jawab sosial perusahaan, lewat empat pilar yakni pendidikan, kesehatan, ekonomi serta sosial dan lingkungan.

Selain itu Chandra Asri berkomitmen penuh pada program berkelanjutan terutama pengelolaan sampah plastik, salah satunya ikut serta dalam Forum Indonesia National Plastic Action Partnership (NPAP) yang bertujuan mengurangi sampah plastik di laut hingga 70% pada tahun 2025.

“Sistem berkelanjutan ini penting untuk mempertahankan keberlangsungan lingkungan, sosial dan manajemen serta 3 aspek utama perusahaan People, Planet, Profit,” jelas dia.

Dia menuturkan, bentuk nyata Chandra Asri dalam mendukung program pengelolaan sampah plastik, dimulai dengan edukasi perubahan perilaku dalam program World Clean Up Day dan Aksi Bersih Pantai Paku yang diikuti lebih dari 336 peserta dan berhasil mengelola 26.636 kilogram (kg) sampah plastik.

Tak hanya itu, Chandra Asri juga berkolaborasi dengan Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta dalam mendukung program Jakarta Recycle Center.

“Chandra Asri menyediakan 36.000 kantong sampah plastik daur ulang, yang berhasil mengurangi sampah terbuang (all type) ke TPA sebanyak 160.637 Kg dan mengurangi sampah plastik ke TPA sebesar 12.671 kg,” jelas Suryandi.

Lalu, Chandra Asri juga konsen pada pemilahan sampah di lingkungan kantor maupun pabrik.

“Selain itu kami ikut berkontribusi dalam mencipatakan Ekosistem Pengelolaan Sampah Plastik, dimulai dari pemilahan dan pengumpulan sampah plastik, pemprosesan sampah plastik 1.456 kg sampah plastik menjadi 1.287 liter BBM hingga pendistribusian manfaat untuk masyarakat,” terang dia.

Dia menambagkan, Chandra Asri juga berkontribusi dalam pembangunan jalan aspal plastik, pada tahun 2020 telah dilakukan di sepanjang 37,57 km dan mengelola sampah plastik sebanyak 207.321 kg.

Kontribusi selama pandemi Covid-19

Selama tahun 2020-2021, Chandra Asri memberikan dukungan bagi masyarakat yang terkena dampak langsung dari pandemi Covid-19, dalam skala nasional serta di area di mana perusahaan beroperasi.

Langkah yang dilakukan, yakni dengan perusahaan bergabung dalam konsorsium bentukan Universitas Indonesia (UI) yang fokus melakukan pengembangan dan pengadaan flocked swab buatan dalam negeri.

“Ini untuk mendukung Pemerintah dalam ketersediaan alat pengujian PCR,” sebutnya.

Chandra Asri juga menjamin ketersediaan bahan baku APD dalam negeri melalui produk PP Trilene HS35NW untuk memenuhi kebutuhan tenaga medis yang menjadi garda depan dalam penanganan Covid-19.

“Kami juga berkolaborasi dengan PT Duaroda Saranatama untuk mengembangkan Carrier Box Vaccine untuk keperluan distribusi vaksin jarak dekat dalam rangka mendukung strategi prioritas dari Pemerintah dalam menanggulangi Pandemi Covid-19,” pungkas dia.

Check Also

Pakar: Penegak Hukum Asal Rampas Aset, Langgar HAM dan Wujud Ketidakadilan Sosial

Jakarta – Penyitaan hingga perampasan aset masyarakat yang tidak terkait tindak pidana korupsi berpotensi melanggar …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *