Tuesday , May 11 2021
Home / Berita / Kejar Target Jadi Bank Digital, BRI Agro Puasa Dividen

Kejar Target Jadi Bank Digital, BRI Agro Puasa Dividen

JAKARTA – Manajemen PT Bank Rakyat Indonesia Agroniaga Tbk (AGRO) menyampaikan bahwa pihaknya baru saja menggelar Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST), di Jakarta, Jumat (09/04).

Dalam Rapat tersebut, pemegang saham telah menyetujui untuk menahan laba bersih yang berhasil dihimpun oleh perusahaan di sepanjang tahun 2020. Alhasil, tidak ada rencana perusahaan untuk melakukan aksi korporasi semisal pembagian dividen.

“Tidak ada pembagian dividen. Adapun laba bersih yang kami peroleh pada 2020, kami bukukan sebagai laba ditahan untuk memperkuat struktur permodalan, guna mendukung transformation BRI Agro untuk menjadi bank digital di akhir tahun 2021,” kata Direktur Utama AGRO, Kaspar Situmorang dalam paparan publik usai RUPST.

Transformasi menjadi Bank Digitak telah dimulai melalui penyaluran kredit konsumer aplikasi digital Pinjam Tenang atau disebut PINANG. Pinang juga sudah mulai memperlihatkan hasil. PINANG adalah pinjaman berbasis digital yang merupakan produk pinjaman bank berbasis aplikasi pertama di Indonesia.

Aplikasi PINANG sudah digital penuh dengan sistem pemeriksaan digital, pemeringkatan digital scoring dan tanda tangan digital. Product development PINANG dilakukan oleh BRI selaku perusahan induk, kemudian dialihkan ke Perseroan untuk dikembangkan dan dipasarkan. Pada tahun 2020, total disbursement PINANG sebesar Rp70,6 miliar dan sudah melayani debitur lebih dari 18 ribu debitur.

Selain itu, dalam RUPST juga telah menyetujui adanya perubahan susunan pengurus AGRO. Dengan demikian, susunan Dewan Komisaris serta Dewan Direksi BRI Agro pasca RUPT menjadi sebagai berikut :

Dewan Komisaris :
– Komisaris Utama : Budi Satria
– Komisaris Independen :Eko B.Supriyanto
– Komisaris Independen : Rina Saadah
– Komisaris Independen : Rama Notowidigdo
– Komisaris : Achmad F.C Barir

Direksi :
– Direktur Utama : Kaspar Situmorang
– Direktur Keuangan dan Operasional : Arif Wicaksono
– Direktur Digital Bisnis : Bhimo Wikan Hantoro
– Direktur Retail Agri dan Pendanaan
– Direktur Enterprise Risk Management : Sigit Murtiyoso,
– Direktur Compliance and Human Resource : Ernawan

(AHM)

Check Also

Ini Penjelasan Manajemen SAMF Terkait Lonjakan Sahamnya di Bursa

JAKARTA – Saham PT Saraswanti Anugerah Makmur Tbk (SAMF) diketahui belakangan ini alami kenaikan yang …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *