Sunday , May 9 2021
Home / Berita / Melalui KKL Online Undip, Phapros Berbagi Strategi ke Milenial Untuk Bisa Survive di Masa Pandemi

Melalui KKL Online Undip, Phapros Berbagi Strategi ke Milenial Untuk Bisa Survive di Masa Pandemi

Semarang – Pandemi Covid 19 yang terjadi sejak awal 2020 hingga saat ini, memberikan dampak yang signifikan bagi para pelaku usaha baik makro ataupun mikro, tak terkecuali bagi industri farmasi di Indonesia. Di satu sisi industri farmasi akan tumbuh cukup signifikan apabila memiliki produk yang secara langsung ataupun tidak langsung terkait dengan covid 19, sedangkan di sisi lain produk yang tidak terkait covid 19 akan mengalami penurunan.

PT Phapros Tbk, yang merupakan salah satu anak usaha dari PT Kimia Farma Tbk pada kesempatan pagi ini berbagi strategi survive di masa pandemic covid 19 ini dengan keluarga besar Sekolah D3 vokasi Akuntansi Undip. Diwakili oleh Direktur Utama PT Phapros Tbk, Hadi Kardoko, beliau menjelaskan bagaimana strategi Phapros untuk agile dalam beradaptasi terhadap kondisi pandemic, baik dengan mengubah portfolio produk, serta mempercepat pengembangan produk terkait covid 19 di bagian RnD nya, dengan melibatkan semua lini baik fungsi operation dan manufaktur, Phapros berhasil tetap bertahan dengan performance yang baik.

“Seperti diketahui bersama, bahwa salah satu produk unggulan PT Phapros Tbk adalah Antimo, yang merupakan produk teman perjalanan. Adanya pemberlakukan PSBB serta pembatasan perjalanan masyarakat, performance Antimo menurun di 2020. Tetapi kami tidak tinggal diam, strategi mendorong performance produk-produk related covid-19 yang kami miliki, seperti multi vitamin Becefort dan produk lainnya adalah pilihan yang harus diambil. Termasuk mendorong inovasi dan berkejar dengan waktu, dan kami cukup berhasil melakukannya.”, Jelas Hadi Kardoko.

Hadi Kardoko menambahkan, PT Phapros yang juga merupakan perusahaan public dan mengutamakan penerapan prinsip good corporate governance (GCG) yang transparansi serta akuntabel dalam proses bisnisnya, sangat terbuka pada mahasiswa D3 Akuntansi dan para akademisi yang berminat untuk melakukan penelitian ilmiah. Banyak hal yang dapat dilakukan penelitian pada saat pandemi seperti ini.  Baik dari segi operasional maupun di segi manajemen perusahaan (akuntansi manajemen).

Acara yang digelar pagi ini (10/04/2021), bertempat di D3 Akutansi K. PSDKU Universitas Diponegoro, merupakan bagian dari kegiatan KKL Tematik Online. yang diikuti oleh kurang lebih 100 orang peserta dari mahasiswa D3 Akuntansi K PSDKU Pekalongan angkatan 2018 – 2019, dosen akuntansi dan tamu undangan lainnya.

Acara bertema “Membangun Sinergi Milenial Berdaya Saing Dalam Adaptasi Pandemi Yang Transparan dan Akuntanbel” ini menghadirkan narasumber, Hadi Kardoko (Dirut Phapros), Hastuti Assauri (GM Human Capital Kimia Farma), dan  Achmad Faiz Falachi, (IKA UNDIP).

Dalam kesempatannya, Hastuti Assuari memberikan informasi bahwa Kimia Farma sangat peduli pada pengembangan SDM untuk menghasilkan talent-talent terbaik yang akan menjadi Next Leader dan dapat memimpin perusahaan di masa depan.

Sejak Tahun 2017 Human Capital Kimia Farma telah melakukan transformasi untuk agar dapat menjadi Center of Excellent dalam pengelolaan Human Capital berbasis Digital. Dengan didominasi oleh generasi muda (Generasi Y dan Generasi Z), Kimia Farma telah melaksanakan program pengembangan SDM yang memfasilitasi generasi milenial untuk berinovasi dan berkarya menghasilkan prestasi yang berdampak kepada peningkatan kinerja perusahaan.

Berbagai training dilakukan sejak awal karyawan bergabung (onboarding), pelatihan soft skill maupun hard skill, program Talent Mobility, Talent Exchange juga dilakukan dalam rangka untuk meningkatkan kompetensi Talent Kimia Farma.

Hastuti Assuari juga menyinggung peluang berkarir di Kimia Farma sangat terbuka untuk mencapai karir tertinggi di perusahaan.  Generasi milenial harus memiliki tekad kuat dan semangat tinggi dalam berkarya. Semangat juang demi meraih masa depan perlu di terapkan sejak dini.

Gantungkan cita-citamu setinggi langit, bila jatuh pun, pasti diantara bintang-bintang. Hal inilah yang selalu diingat oleh Hastuti dan menjadi motivasi untuk audiens yang dijumpainya.

“Kimia farma membuka pintu lebar-lebar untuk generasi milenial berkarier. Jangan takut bersaing walau hanya lulusan D3. Belajar sambil bekerja juga dapat dilakukan guna mewujudkan mimpi masa depan’’, tegas Hastuti Assuari

Di sisi lain, Achmad Faiz Falachi, mengatakan bahwa alumni kampus swasta pun memiliki kesempatan yang sama untuk sukses. Kompetensi profesional non akademis, softskill non akademis dan team work menjadi kunci utama yang perlu disiapkan sejak dini.

Saat menjadi mahasiswa tidak perlu takut dan berpikir terkotak-kotak. Hal yang menjadi kelemahan justru kadang menjadi unggulan dalam berkarier. Nilai matakuliah Auditing saat kuliah (C), ternyata bisa menjadi auditor di KAP. Bahkan ketika studi profesi akuntan dan magister akuntansi di UNDIP nilai perpajakan biasa saja. Hal ini malah mengantar diri dipromosikan sebagai tax manager di BUMN, terang Achmad Faiz Falachi.

“Saya adalah alumni universitas swasta, yang mengawali karier di Kantor Akuntan Publik (KAP). Alhamdulillah, sambil melanjutkan studi lanjut profesi akuntan dan magister akuntansi, saya berkesempatan meniti karier di BUMN. Generasi milenial harus lebih sukses dalam berkarya dan jauhkan diri dari narkotika, buatlah bangga orang tua”, jelas Faiz Falachi selaku IKA UNDIP.

Pandemi covid-19 ini tidak menutup kesempatan dunia pendidikan khususnya D3 Akuntansi K PSDKU Universitas Diponegoro untuk melakukan KKL. Regulasi dan kebijakan yang ada, sehingga acara dilakukan sesuai protokol kesehatan.

“Wujud dari tri dharma perguruan tinggi di era pandemi Covid-19, D3 Akuntansi K UNDIP PSDKU menyelenggarakan Kuliah Kerja Lapangan (KKL) secara daring”. Ungkap Moch. Didik Ardiyanto selaku Kaprodi D3 Akuntansi K PSDKU Pekalongan.  (AHM)

Check Also

Bank DKI Permudah Masyarakat Bayar Zakat, Infaq, dan Sedekah Melalui Fitur Scan To Pay

JAKARTA – Dorong penerapan transaksi non tunai di DKI Jakarta, Bank DKI terus merangkul berbagai …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *