Monday , August 2 2021
Home / Berita / Gelar RUPST, Trans Power Marine Bagi Dividen Tunai Rp 58 Miliar

Gelar RUPST, Trans Power Marine Bagi Dividen Tunai Rp 58 Miliar

JAKARTA – Tahun 2020 merupakan tahun yang cukup sulit bagi perekonomian dunia tidak terkecuali untuk Indonesia. Pandemi Covid-19 yang melanda membuat ekonomi dunia yang sebelumnya optimis akan pertumbuhan ekonominya justru mengalami pelambatan. Pembatasanpembatasan yang diterapkan oleh tiap Negara untuk mengurangi dampak pandemi membuat banyak kegiatan ekonomi, produksi dan industri melambat. Demikian juga dengan produksi batu bara nasional di tahun 2020 yang menurun dibandingkan tahun 2019.

Untuk mengurangi dampak pandemi pada kegiatan operasional PT Trans Power Marine Tbk. ( TPMA), pada kuartal II dan III manajemen Perusahaan telah mengambil langkah strategis untuk menghadapi menurunnya permintaan terhadap batu bara dengan fokus melayani klien-klien lama dan fokus pada permintaan di pasar lokal serta memotong pengeluaran yang tidak diperlukan. Di kuartal IV tahun 2020, keadaan sudah membaik ditandai dengan meningkatnya eskpor dan harga batubara dunia. Hal tersebut membawa hasil yang baik bagi kinerja TPM dan membuat Perusahaan membukukan laba yang cukup baik untuk tahun 2020.

Berdasarkan hasil RUPS Tahunan pada tanggal 17 Juni 2021, TPM membagikan dividen tunai sebesar Rp57.932.600.000 atau Rp22 per saham.

“Meskipun situasi ekonomi global di tahun 2020 kurang menguntungkan sebagai imbas dari pandemi Covid-19, TPM tetap dapat bertahan dalam industri pelayaran nasional, dengan ditandai oleh adanya pendapatan usaha sekitar USD 39,8 juta dan membukukan laba sebesar USD 2,2 juta. TPM juga membagikan dividen tunai sebesar Rp 57.932.600.000 sebagai ucapan terima kasih atas dukungan pemegang saham selama ini. kata Rudy Sutiono, Corporate Secretary TPM.

Realisasi Capex TPM di tahun 2020 sebesar USD 3 juta adalah untuk docking (perbaikan dan pemeliharaan) armada kapal. Di tahun 2021 TPM merencanakan Capex sekitar Rp120 milyar yang akan dipergunakan untuk pembelian 3-4 set kapal tunda dan tongkang serta perbaikan dan pemeliharaan armada kapal. (AHM)

Check Also

Chandra Asri Raih Investasi USD1,7 Miliar

Jakarta – PT Chandra Asri Petrochemical Tbk (CAP), Perusahaan Petrokimia terbesar yang terintegrasi di Indonesia, …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *