Sunday , June 20 2021
Home / Berita / Mirae Asset Sekuritas Ajak Nasabah Investasi Sekaligus Donasi NTT
seorang investor tengah melintas di depan papan informasi harga saham di Gedung PT Bursa Efek Indonesia (BEI), Jakarta.

Mirae Asset Sekuritas Ajak Nasabah Investasi Sekaligus Donasi NTT

JAKARTA – Sebanyak 393 nasabah PT Mirae Asset Sekuritas Indonesia berinvestasi reksa dana syariah sekaligus berdonasi, di mana donasi itu akan diserahkan kepada korban terdampak bencana alam berupa banjir bandang dan tanah longsor di Nusa Tenggara Timur (NTT). Sebagai puncak kegiatan Berbagi Bersama Mirae Asset itu, Mirae Asset Sekuritas menyerahkan donasi untuk korban bencana NTT melalui pengurus Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS). PT Mirae Asset Sekuritas Indonesia sukses merangkul 393 nasabahnya untuk berinvestasi reksa dana syariah sekaligus berdonasi untuk korban terdampak bencana alam berupa banjir bandang dan tanah longsor di Nusa Tenggara Timur (NTT). Sebagai puncak kegiatan Berbagi Bersama Mirae Asset itu, Mirae Asset Sekuritas menyerahkan donasi untuk korban bencana NTT melalui pengurus Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS).

Fajrin Noor Hermansyah, Head of Wealth Management Division Mirae Asset Sekuritas Indonesia, mengatakan donasi dari inisiatif program bertajuk Berbagi Bersama Mirae Asset itu digelar sepanjang Ramadan (April-Mei 2021) melalui kerja sama dengan tiga manajer investasi. Ketiga manajer investasi itu adalah PT Eastspring Investments Indonesia, PT Insight Investments Management, dan PT Sucorinvest Asset Management.

“Terima kasih atas dukungan dan kerja samanya selama ini, mudah-mudahan ke depannya kita akan dapat semakin meningkatkan kerja sama. Kami dari Mirae Asset berharap ini adalah awal dari banyak program kerja sama ke depannya terkait CSR,”ujar Fajrin di Kantor Pusat BAZNAS.

Dia menambahkan program Berbagi Bersama Mirae Asset itu merupakan bagian dari program corporate social responsibility (CSR) Mirae Asset Sekuritas di mana dalam program ini Mirae Asset Sekuritas mengajak nasabahnya untuk berinvestasi pada reksa dana syariah.

Kali ini, nasabah yang berinvestasi pada satu dari empat reksa dana syariah tertentu dengan nilai di atas Rp 5 juta pada Bulan Ramadan maka sudah menyumbangkan dana senilai Rp 200.000 ke korban bencana alam di NTT. Dari program tersebut, terkumpul dana investasi Rp 15,4 miliar serta dapat didonasikan dana senilai total Rp 83 juta.

Selain berdonasi, setiap nasabah juga mendapatkan gratis penambahan unit (top up) senilai Rp 100.000. Keempat produk yang menjadi bagian dari inisiatif program Berbagi Bersama Mirae Asset tersebut adalah Eastspring Syariah Fixed Income Amanah, Sucor Syariah Money Market, I-Hajj Syariah Fund, dan Insight Money Syariah. Keempat reksa dana syariah itu dijual Mirae Asset Sekuritas bersama lebih dari 110 reksa dana lain melalui platform bernama Max Fund yang secara total sudah memasarkan produk yang dikelola oleh 37 manajer investasi.

Pada kesempatan yang sama, M. Arifin Purwakananta, Direktur Utama Badan Amil Zakat Nasional, menyambut baik donasi tersebut. Dia mengatakan meskipun hanya berlaku sebagai perantara, tetapi berkahnya terasa oleh BAZNAS, baik keberkahan dari pihak yang memberikan donasi maupun keberkahan dari pihak yang menerima donasi itu.

“Kami di BAZNAS dititipi dana zakat, dana infaq-sedekah, dana CSR, yang bisa digunakan untuk membantu mereka dari seluruh agama, dan kami tidak membeda-bedakan itu [sesuai dengan] isu kemanusiannya melalui unit bernama BAZNAS Tanggap Bencana, yang menunjukkan BAZNAS fokus terhadap kemiskinan.”

Menurut dia, bencana ini lebih sering berdampak kuat pada masyarakat miskin dan bencana sering menambah jumlah orang miskin baru. Karena itu BAZNAS fokus ikut membantu masyarakat miskin di daerah terdampak bencana melalui program kesehatan, pendidikan, hunian sementara (huntara), dan pengembangan ekonomi.

“Mudah-mudahan Tuhan membalas [donasi] ini dengan pahala yang berlipat ganda, menjadikan ketenangan bagi para penyumbang, dan terutama akan menjadi berkah bagi mereka yang menerima, korban-korban bencana di NTT,” ujar Arifin.

Turut hadir dalam acara itu Plt. Kepala Divisi CSR BAZNAS M. Iman Damara, Direktur Insight Investments Ria Meristika Warganda, Head of Marketing Communication Eastspring Investments Diah Ayu Kusumo Ratih, dan Head of Investment Specialist & Product Development Sucorinvest Asset Management Lolita Liliana.

Reksa dana adalah produk investasi berupa wadah berisi dana dari banyak investor yang nantinya dibelikan surat berharga (efek) sehingga memberikan hasil investasi kepada pemilik unitnya. Berdasarkan jenis efek, reksa dana terdiri dari reksa dana saham, reksa dana pendapatan tetap (berisi efek obligasi atau sukuk), reksa dana campuran (berisi saham dan obligasi/sukuk), dan reksa dana pasar uang (berisi obligasi di bawah 1 tahun dan deposito).

Produk reksa dana dibuat dan dikelola oleh manajer investasi berdasarkan kontrak investasi kolektif dan didaftarkan kepada Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Setelah mendapatkan pernyataan efektif, sebuah reksa dana baru dapat dipasarkan langsung oleh manajer investasi maupun melalui agen penjual reksa dana (APERD) dan gerainya baik berupa bank, sekuritas, perusahaan finansial-teknologi, maupun marketplace e-commerce.

Di Max Fund Mirae Asset Sekuritas, reksa dana dijual dengan nilai minimal pembelian pertama yang sangat terjangkau, yaitu dimulai dari Rp 100.000. Tahun lalu, Mirae Asset Sekuritas menjadi perusahaan efek terbesar di dalam negeri dari sisi nilai transaksi saham yaitu Rp 410 triliun, meroket 97% dibanding 2019. Pada periode 4 bulan pertama 2021, data Bursa Efek Indonesia menunjukkan nilai transaksi Mirae Asset Sekuritas mencapai Rp 284 triliun, tertinggi di dalam negeri dan berselisih hampir Rp 100 triliun dari sekuritas pesaing terdekat dengan nilai transaksi senilai Rp 186 triliun. (AHM)

Check Also

Data Center Berkelanjutan Schneider Electric

Jakarta – Schneider Electric mengajak pimpinan dunia dan industri membangun ekosistem digital yang tangguh dan berkelanjutan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *