Sunday , September 19 2021
Home / Berita / Ini Keuntungan Investasi di Pasar Modal

Ini Keuntungan Investasi di Pasar Modal

Jakarta – Pasar modal semakin menarik minat investor muda. Berdasarkan catatan Otoritas Jasa Keuangan (OJK), hingga 30 Desember 2020 terdapat 3,88 juta investor. Dari jumlah itu, sebanyak 54,8% adalah investor milenial, di bawah 30 tahun.

Melihat fakta tersebut, dimasa pandemi, keinginan masyarakat untuk berinvestasi tetap besar, khususnya di pasar modal.

Namun, apa keuntungan investasi di pasar modal?

Kepala Departemen Pengawasan Pasar Modal OJK, Luthfy Zain Fuady menjelaskan ada beberapa kelebihan berinvestasi di pasar modal ketimbang berinvestasi di instrumen lainnya. Pertama, untuk melindungi aset dari inflasi. Return yang dihasilkan dari instrumen investasi di pasar modal relatif mampu mengimbangi tingkat inflasi.

“Kalau duitnya diam aja di bawah bantal ya mungkin nggak akan terlalu bisa mengimbangi inflasi,” ujar Luthfy di Jakarta, Kamis, 5 Agustus 2021.

Selain itu lanjut Luthfy, produk investasi di pasar modal sangat banyak dan liquid. Mulai dari saham, obligasi, hingga reksadana. Jenisnya pun ada yang bersifat konvensional dan syariah.

Ketiga, dengan berinvestasi di pasar modal, maka investor turut berpartisipasi dalam perekonomian negara. Misalnya adalah kita membeli produk-produk yang diterbitkan oleh negara seperti surat berharga negara (SBN), atau surat berharga syariah negara (SBSN)

“Atau kita membeli saham-saham yang memang dari industri yang menggerakkan perekonomian,” jelasnya. (DM)

Check Also

Right Issue, Chandra Asri Peroleh Dana Segar Rp15,5 Triliun

Jakarta – PT Chandra Asri Petrochemical Tbk (TPIA) telah menyelesaikan Penawaran Umum Terbatas III atau …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *