Friday , December 3 2021
Home / Berita / BCA Jalin Kerjasama dengan Komunal, Fasilitasi Kemudahan Pembiayaan bagi UMKM
Presiden Direktur PT Bank Central Asia Tbk (BCA) Jahja Setiaatmadja (kanan) saat menerima penghargaan Indonesia Property&Bank Award (IPBA) ke 11 untuk kategori CEO of The Year 2016 yang diserahkan oleh Pemimpin Umum / Pemimpin Redaksi Majalah Property&Bank Indra Utama (tengah) disaksikan oleh Dewan Juri dari Investor Academy Sinagapore Mr Tommy Zhu di Jakarta, Kamis (18/8). Penghargaan ini merupakan sebagai apresiasi atas kinerja Jahja dalam memimpin dan mengelola BCA sehingga menjadi bank dengan reputasi dan memiliki prestasi yang membanggakan.

BCA Jalin Kerjasama dengan Komunal, Fasilitasi Kemudahan Pembiayaan bagi UMKM

JAKARTA – Keberadaan sektor UMKM menjadi salah satu pilar penting dalam pertumbuhan perekonomian di Indonesia khususnya di tengah pandemi. Mendukung kesejahteraan UMKM dalam pembiayaan, PT Bank Central Asia Tbk. (BCA) pun melakukan berbagai program salah satunya adalah Disbursement of Digital Partnership. Terbaru, BCA menyepakati kerjasama dengan PT. Komunal Finansial Indonesia (Komunal) sebagai bentuk perluasan terhadap program dukungan perekonomian nasional.

Kegiatan penandatanganan kesepakatan antara BCA dengan Komunal dilakukan oleh Senior Vice President Commercial & SME Business BCA Elvriawati Tumewah dan Co-founder & CEO Komunal Hendry Lieviant di Jakarta pada Jumat (05/11). Kerjasama ini juga menjadi bentuk upaya nyata yang dilakukan oleh BCA bagi kebutuhan fasilitas pembiayaan yang dibutuhkan UMKM.

“Mencermati kondisi pemulihan ekonomi Indonesia bersamaan dengan transformasi digital yang saat ini juga di dominasi oleh bisnis kecil yang dilakukan UMKM, BCA kembali menjalin kerjasama dengan fintech. Upaya ini dilakukan untuk memberikan dorongan semangat dan materi bagi pelaku UMKM untuk bersama memulihkan perekonomian. Bagian dari inisiatif digital BCA ini juga kian memperluas jangkauan pembiayaan ke debitur UMKM, jaringan bisnis, serta kolaborasi lainnya,” ujar Elvriawati.

Komunal akan menjadi jembatan antara BCA dengan UMKM yang membutuhkan permodalan bisnis. Kerjasama yang terjalin ini akan membantu UMKM dalam mengembangkan bisnis dengan limit kolaborasi yang disepakati senilai Rp 15 Milyar. Adapun, kerjasama ini akan dilakukan melalui fasilitas channeling pembiayaan dengan plafon per debitur sebesar maksimal Rp 2 Milyar dengan tenor pembiayaan selama maksimal 3 bulan.

Kemudian, Elvriawati menambahkan hingga Oktober 2021, total Disbursement of Digital Partnership yang telah dibukukan oleh BCA yaitu mencapai Rp 145,76 Milyar dengan berbagai channeling. Terdapat sejumlah program yang mendukung digital partnership seperti Business Personal Loan E-commerce, Business Personal Loan Direct, maupun Channeling Fintech.

Untuk informasi, Komunal merupakan perusahaan tekonologi finansial yang memberikan fasilitas berupa layanan peer-to-peer untuk mendukung menciptakan hubungan antara UMKM potensial dengan para pemberi dana untuk mendorong pertumbuhan perekonomian Indonesia. Komunal yang telah terdaftar dan diawasi oleh OJK ini, telah beroperasi sejak Februari 2019 hingga Oktober 2021 dan menyalurkan pinjaman lebih dari Rp 700 Milyar untuk berbagai produk pinjaman yang ditawarkan. Sementara itu total kreditur aktif yang ada di Komunal saat ini mencapai 1.495 kreditur yang di dominasi di bagian Jawa Timur.

“Dengan adanya kolaborasi dengan Komunal, kami berharap BCA dapat memperluas jaringan pembiayaan dan lebih strategis dalam menjangkau para pengusaha UMKM untuk memenuhi kebutuhan kredit usahanya supaya ke depannya para pengusaha UMKM Indonesia menjadi lebih maju dan bertumbuh secara bisnis,” tutup Elvriawati.

Check Also

Alumindo Incar Dana Rp800 Miliar Melalui Aksi Korporasi di Pasar Modal

JAKARTA – PT Alumindo Light Metal Industry Tbk (ALMI) bakal menggelar aksi korporasi di pasar …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *