Thursday , October 6 2022
Home / Berita / SMGR Kirim Relawan Hingga Bantuan Logistik Untuk Korban Gempa di Sumbar

SMGR Kirim Relawan Hingga Bantuan Logistik Untuk Korban Gempa di Sumbar

PASAMAN BARAT-Sebagai salah satu wujud kepanjangan tangan pemerintah, Badan Usaha Milik Negara (BUMN) memiliki peran besar untuk membantu masyarakat dalam menghadapi berbagai kondisi yang terjadi. Tak terkecuali saat terjadinya bencana alam, seperti gempa bermagnitudo 6,2 yang baru saja mengguncang Kabupaten Pasaman Barat, Provinsi Sumatera Barat (Sumbar), pada Jumat (25/2) lalu. PT Semen Indonesia Tbk (SMGR), induk usaha dari PT Semen Pedang (SP) yang notabene merupakan BUMN di wilayah tersebut, bergerak cepat dengan mengerahkan Tim Reaksi Cepat (TRC) ke lokasi bencana. “Hari ini juga kami kirimkan TRC Semen Padang ke lokasi bencana untuk mendata kerusakan dan juga apa-apa saja yang dibutuhkan oleh para korban,” ujar Kepala Departemen Komunikasi & Hukum Perusahaan PT Semen Padang, Oktoweri, dalam keterangan resminya, Jumat (25/2).

Setibanya di lokasi, menurut Oktoweri, tim advance TRC Semen Padang akan langsung berkoordinasi dengan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) setempat. Selanjutnya, akan dilakukan pendataan terkait apa saja kebutuhan para korban gempa, serta titik-titik mana saja yang akan menjadi prioritas sasaran bantuan dari PT Semen Padang nantinya. Seluruh data yang telah dihimpun nantinya segera akan dilaporkan ke manajemen Semen Padang untuk mempersiapkan bantuan sesuai dengan kebutuhan. “Dari data yang terhimpun baru kami akan siapkan segala sesuatunya untuk dikirim ke lokasi bencana. Insya Allah yang segera dikirim adalah sembako karena urgent. Soal (sembakonya) apa saja, itu juga masih kami tunggu info dari tim advance,” tutur Oktoweri.

Tak hanya mengirimkan TRC, lanjut Oktoweri, 6,5 jam pasca bencana pihaknya juga memberangkatkan tim medis dari Semen Padang Hospital (SPH) berikut pasokan berbagai obat-obatan. Pemberangkatan tim medis bersamaan dengan dikirimnya sejumlah relawan yang membawa bantuan logistik berupa selimut sebanyak 50 pcs, terpal 10 pcs dan sembako yang terdiri dari beras 500 kg, mie instan 20 dus, air mineral 20 dus dan sarden sebanyak 50 kaleng. “Semua yang kami lakukan ini merupakan wujud komitmen nyata kami untuk sebisa mungkin berperan dalam upaya penanggulangan pasca gempa di Pasaman Barat,” ujar Pelaksana Tugas (Plt.) Direktur Utama PT Semen Padang, Asri Mukhtar, saat melepas keberangkatan tim medis dan logistik menuju lokasi bencana.

Cek juga

BRI Menanam Proyeksikan Kontribusi Penurunan Emisi Karbon Hingga 23% di 2025

Jakarta, Lantaibursa.id – Pemerintah Indonesia berkomitmen untuk turut menjaga ketahanan iklim melalui pengurangan emisi karbon. Hal …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *