Saturday , December 3 2022
Home / Berita / Program Restrukturisasi Sukses, Tiphone Mobile Optimistis Dapat Memacu Kinerja
Paparan publik insidentil PT Tiphone Mobile Indonesia Tbk di Jakarta, Selasa (31/5/2022)

Program Restrukturisasi Sukses, Tiphone Mobile Optimistis Dapat Memacu Kinerja

JAKARTA – PT Tiphone Mobile Indonesia Tbk (TELE) menggelar Paparan Publik atau Public Expose Insidentil untuk memberikan keterbukaan informasi yang memadai dan komprehensif kepada publik terkait perkembangan dari program restrukturisasi perusahaan. Perseroan juga memaparkan strategi beserta upaya yang dilakukan untuk memperbaiki kinerja perusahaan yang sempat turun karena terdampak pandemi COVID-19.

Lily Salim, Direktur Utama PT Tiphone Mobile Indonesia Tbk mengatakan, tahun 2022 ini, Perseroan fokus dalam menata kembali bisnis setelah kesepakatan damai dengan kreditur dan obligor tercapai. Perseroan juga memberikan apresiasi setinggi-tingginya atas kepercayaan yang telah diberikan para konsumen dan mitra usaha.

Untuk mencapai sasaran perbaikan kinerja, Perseroan telah merancang beberapa program utama sebagai berikut; (1) Penguatan Kemitraan dengan cara melanjutkan program kemitraan dengan vendor dan operator utama, (2) Peningkatan Penjualan yang akan dicapai dengan cara fokus dalam Pendistribusian Voucher, (3) Bisnis baru berupa penjualan token listrik PLN, dan (4) Transformasi Infrastruktur melalui pemberdayaan infrastruktur yang dimiliki untuk mendukung bisnis Switching.

Lily Salim menjelaskan, beberapa inisiatif dari program tersebut telah berjalan sesuai harapan, salah satunya yaitu dengan telah ditunjuknya Perseroan oleh salah satu mitra PLN sebagai distributor tunggal untuk penjualan token listrik PLN. “Perseroan juga telah memiliki kerja sama dengan mitra bisnisnya dan akan terus menambah mitra – mitra lainnya untuk pendistribusian Token PLN tersebut,” ujar Lily dalam acara Public Expose Insidentil di Jakarta, Selasa (31/5/2022).

Lebih lanjut, Lily mengatakan, Perseroan telah dinyatakan lulus secara teknis (UAT) untuk melayani mitra switching Telkomsel. Perseroan juga sedang dalam tahap final pembicaraan dengan mitra-mitra modern channel agar mitra – mitra tersebut segera beralih kepada TELE. “Sudah ada beberapa calon mitra channel yang bersedia menjadi mitra channel TELE. Saat ini masih menunggu surat persetujuan pengalihan yang diajukan oleh mitra channel kepada TELE,” ujarnya.

Perseroan juga menegaskan bahwa penyelesaian kewajiban sesuai keputusan PKPU tahap II merupakan bagian dari grand strategy perusahaan, bersama dengan upaya untuk memperoleh investor baru, serta meningkatkan pendapatan dan mencapai sasaran marjin laba kotor atau gross profit margin sebesar Rp320 miliar.

Lily Salim memastikan bahwa Perseroan berkomitmen untuk memenuhi kewajiban perusahaan sesuai kesepakatan yang telah dicapai dengan kreditor, pemegang obligasi, serta kreditor lainnya. “Pembayaran Kewajiban Bunga kepada Kreditor dan Obligor serta kreditor lainnya hingga saat ini tepat waktu. Pembayaran Angsuran pokok akan dimulai pada tahun 2023,” pungkasnya.

PT Tiphone Mobile Indonesia Tbk mencatat pendapatan sebesar Rp1,768 triliun di sepanjang tahun 2021, lebih rendah dibanding Rp4,206 triliun yang diperoleh pada tahun 2020. Sejalan penurunan pendapatan, rugi bersih Perseroan menunjukkan perbaikan yaitu dari Rp2,566 triliun pada 2020 menjadi hanya Rp114,921 miliar pada 2021.

Pada kuartal I 2022, Perseroan mencatat peningkatan pendapatan, yaitu dari Rp289,845 miliar pada kuartal I 2021 menjadi Rp744,531 miliar di periode yang sama tahun ini, terutama didorong oleh kenaikan penjualan voucher seluler. Melanjutkan pencapaian tahun sebelumnya, Perseroan mampu memperkecil kerugian bersih di sepanjang kuartal I 2022 menjadi hanya sebesar Rp20,235 miliar dibanding periode sama tahun sebelumnya sebesar Rp22,992 miliar.

Cek juga

Platform EcoStruxure Schneider Electric Menjadi Salah Satu Solusi Pertama yang Terakreditasi WiredScore

Jakarta, lantaibursa.id – WiredScore, lembaga sertifikasi konektivitas digital global, memasukan EcoStruxure Building milik Schneider Electric ke dalam …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *