Thursday , October 6 2022
Home / Berita / United Tractors Group Beri Bantuan ke Masyarakat Terdampak Bencana Erupsi Gunung Semeru

United Tractors Group Beri Bantuan ke Masyarakat Terdampak Bencana Erupsi Gunung Semeru

LUMAJANG – United Tractors terus berkomitmen untuk memberikan kontribusi nyata bagi perkembangan bangsa, khususnya kesejahteraan dan keberlanjutan masyarakat Indonesia di seluruh wilayah operasi perusahaan. Salah satu kontribusi nyata yang dilakukan yakni penyerahan bantuan 100 unit hunian sementara bagi masyarakat terdampak bencana erupsi Gunung Semeru.

Dalam kesempatan ini, Komisaris PT United Tractors Tbk (UT), Djoko Pranoto, bersama jajaran Direksi dan manajemen UT Group hadir untuk memberikan serah terima secara langsung berupa bantuan fasilitas hunian sementara (huntara) bagi masyarakat terdampak bencana Erupsi Gunung Semeru di Kabupaten Lumajang, Jawa Timur.

Kegiatan ini dimulai sejak 6 Desember 2021 dan dilakukan dalam beberapa fase. Fase pertama yaitu fase tanggap darurat bencana, UT Group menyalurkan bantuan berupa pakaian layak pakai, sembako, obat-obatan, terpal dan juga selimut, serta membangun posko kesehatan dan dapur umum. Selain itu UT Group juga mendatangkan lima unit alat berat berupa excavator, dan single drum rollers untuk membantu proses evakuasi korban, land clearing, dan proses pemadatan material (tanah, pasir, batu) dalam konstruksi jalan.

Pada fase kedua UT Group membangun sarana sekolah darurat di beberapa titik, fasilitas MCK di dua titik, serta membangun tempat tinggal bagi para korban dengan sistem hunian sementara sebanyak 100 unit. Tahap ini dilakukan dalam rangka membantu mempercepat proses rehabilitasi di Lumajang pasca erupsi Gunung Semeru.

“Penyerahan 100 unit huntara ini merupakan bagian dari program CSR UT di bidang kebencanaan yang bertujuan untuk mewujudkan komitmen kami dalam meningkatkan dan mengembangkan kapasitas masyarakat terdampak bencana Erupsi Gunung Semeru agar menjadi lebih waspada, sigap, dan tanggap akan bencana,”Direktur United Tractors, Iwan Hadiantoro.

Pembangunan 100 unit huntara dimulai sejak Februari hingga Juni 2022 yang difokuskan di Desa Sumbermujur, Kecamatan Candipuro, Kabupaten Lumajang. UT Group berharap agar bantuan yang telah diberikan dapat menjadi manfaat bagi masyarakat dan Lumajang dapat segera pulih seperti sedia kala.

Komitmen United Tractors dalam pembangunan dan kesejahteraan masyarakat ini merupakan bentuk bisnis berkelanjutan perusahaan untuk mengedepankan implementasi ESG. Tujuan perusahaan merupakan kontribusi nyata untuk terciptanya nilai tambah bagi pemangku kepentingan dan masyarakat Indonesia.

“United Tractors secara sadar mengetahui pentingnya implementasi ESG, karena tujuan perusahaan untuk bergerak bersama-sama tertuang dalam prinsip kami Moving as One. Sehingga UT berkomitmen untuk dapat hadir sebagai perusahaan yang mewujudkan bisnis berkelanjutan,” ujar Komisaris PT United Tractors Tbk, Djoko Pranoto.

Kegiatan kemanusiaan di Lumajang diinisiasi oleh perusahaan yang tergabung dalam UT Group, yaitu UT sendiri, PT Pamapersada Nusantara (PAMA), PT Tuah Turangga Agung (TTA), PT Kalimantan Prima Persada (KPP), PT Bina Pertiwi (BP), PT Universal Tekno Reksajaya (UTR), PT Komatsu Remanufacturing Asia (KRA), PT Andalan Multi Kencana (AMK), PT United Tractors Pandu Engineering (UTE), PT Acset Indonusa Tbk (ACSET) dan PT Traktor Nusantara (TN).

Cek juga

BRI Menanam Proyeksikan Kontribusi Penurunan Emisi Karbon Hingga 23% di 2025

Jakarta, Lantaibursa.id – Pemerintah Indonesia berkomitmen untuk turut menjaga ketahanan iklim melalui pengurangan emisi karbon. Hal …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *