Tuesday , August 9 2022
Home / Berita / Hotel Sahid Catat Capaian Pendapatan Rp69,42 Miliar di 2021

Hotel Sahid Catat Capaian Pendapatan Rp69,42 Miliar di 2021

Foto ist: PT Hotel Sahid Jaya International Tbk, menggelar Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) Tahun 2021 dan Public Expose 2022 di Jakarta, Jumat (5/8/2022).

Jakarta, lantaibursa.id – PT Hotel Sahid Jaya International Tbk (SHID) mencatatkan pendapatan pada 2021 mencapai Rp69,42 miliar. Perolehan tersebut meningkat sekitar 24,8% jika dibandingkan dengan 2020 yang tercatat Rp55,62 miliar.

Direktur Utama PT Hotel Sahid Jaya International Tbk Hariyadi Sukamdani mengungkapkan setelah tahun 2020 terkoreksi, pada 2021 Indonesia tercatat mengalami peningkatan pertumbuhan ekonomi sebesar 3,69%.

Hal ini seiring mulai pulihnya sektor-sektor dan kenaikan terbesar ditopang oleh konsumsi rumah tangga, meskipun belum pulih seperti di 2019. “Hal ini berimbas positif pada perusahaan di mana pada operational performance tahun 2021, tarif kamar rata-rata naik 0,03%, namun tingkat hunian relatif stabil dengan kenaikan 11,4%,” ujar Haryadi saat memberikan keterangan pers via daring, Jumat (5/8/2022).

Haryadi menambahkan, memasuki fase pemulihan di semester II/2022, tingkat hunian perlahan pulih selama semester I/2022. Pemulihan profitabilitas merupakan fokus utama bagi perseroan di mana manajemen akan mempertahankan EBITDA di atas 33%. “Pendapatan mulai tumbuh dengan pelonggaran pembatasan dan meminimalkan biaya yang telah dilakukan,” jelas Hariyadi.

Dalam Public Expose 2022, PT Hotel Sahid Jaya International Tbk, menyiapkan Program 4 PILAR #SahidTANGGUH dalam menghadapi kenormalan baru yang terdiri dari #SahidTANGGUH berinovasi produk, #SahidTANGGUH dalam Kualitas, #SahidTANGGUH pelayanan dan #SahidTANGGUH berkontribusi sustainability.

Pada Program #SahidTANGGUH berinovasi produk, Hotel Sahid mengeksplorasi penawaran produk dan jasa yang inovatif, di luar produk kamar hotel, makanan dan minuman melalui pengoptimalan lahan dan ruang yang dimiliki di seluruh properti serta memperluas kegiatan dan acara di ruang terbuka dan berkolaborasi dengan pihak ketiga untuk formulasi produk dan jasa baru.

Perseroan telah meluncurkan Smart Meeting Room sebagai The Intelligent space integrated technology to create an incredible productive meeting experience, pada kuartal II/2022 dan menggelar Car Free Day Corner dengan menjual produk makanan setiap hari Minggu di mana program ini telah diluncurkan pada kuartal IV/2021 hingga saat ini.

Kemudian pada Program #SahidTANGGUH dalam Kualitas, Hotel Sahid aktif melakukan program peningkatan dan renovasi aset dan telah diimplementasikan untuk meningkatkan kualitas aset properti guna memperpanjang masa penggunaannya.

“Pada kuartal III/2021, kami melakukan renovasi pada Solo Lounge yang meliputi renovasi interior, pencahayaan dan kursi. Kami pun melakukan renovasi pada Bengawan Solo Lounge yang meliputi renovasi interior, pencahayaan dan kursi. Selain itu, kami juga terus melakukan standardisasi desain dan interior serta digitalisasi proses pemantauan aset,” jelas Hariyadi.

Program ketiga atau Program #SahidTANGGUH pelayanan, Hotel Sahid menjalankan standar pelayanan Hospitality 4.0. Di mana perseroan terus berkomitmen meningkatkan layanan perhotelan low contact yang memberikan kenyamanan dan kebersihan para tamu, serta melakukan pengenalan aplikasi e-Concierge untuk meningkatkan customer experience selama masa penginapan.

“Kami terus memberikan pelayanan optimal untuk memberikan kenyamanan dan kebersihan para tamu selama menginap. Untuk itu kami membangun Sahid Reputation Management System yang merupakan online dashboard customers review selama menginap di unit Sahid Hotels & Resort baik domestik dan international customers,” ujar Hariyadi.

Perseroan juga menyiapkan Direct Booking Platform di mana platform ini memberikan penawaran khusus bagi pelanggan yang melakukan reservasi langsung ke website. “Kami juga membuat program Sahid Connextion yang merupakan Loyalty Program untuk domestic membership di semua unit Sahid Hotels & Resorts,” katanya.

Selanjutnya, program #SahidTANGGUH berkontribusi sustainability yang merupakan program pilar keempat, Hotel Sahid terus melakukan peningkatan kontrol dan pemantauan konsumsi sumber daya, terus melakukan langkah aktif untuk mendorong operasi low carbon, melakukan transisi ke energi rendah emisi dan menjelajahi offset bersertifikat.

Pada program ini, perseroan berupaya memberikan kontribusi lebih terhadap perwujudan Hotel Net Zero Carbon melalui kegiatan operasional dan pemberhentian penggunaan produk tidak ramah lingkungan.

“Sebagai wujud kontribusi sustainability, kami aktif melakukan program kontrol dan pemantauan di mana kami terus berupaya mengurangi konsumsi air, gas dan listrik. Di sisi lain, kami juga terus melakukan variasi jadwal pemanasan dan pendinginan serta melakukan system pengoperasian pengelompokan kamar,” ungkap Haryadi.

Tak hanya itu, perseroan juga memiliki program Food Waste, di mana program dilakukan perseroan dengan mengurangi sampah makanan yang tidak diperlukan. “Kami juga menggelar program Roof Top Farming Grand Sahid Jaya dimana Roof Top Farming memiliki kemampuan penting dalam memastikan food sustainability dan juga sebagai bagian dari pertanian perkotaan, hal ini akan sangat penting dalam membangun kota yang berkelanjutan,” ujar Hariyadi.(*)

Cek juga

Resmi Melantai di BEI, Kusuma Kemindo (KKES) Berpotensi Raih Dana Segar Rp324 Miliar

Jakarta, Lantaibursa.id – PT Kusuma Kemindo Sentosa Tbk (KKES) resmi tercatat di Bursa Efek Indonesia …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *