Friday , September 23 2022
Home / Berita / Rayakan HUT ke-51, Kimia Farma Sinergikan CSR di Jakarta, Baduy  Hingga Blitar

Rayakan HUT ke-51, Kimia Farma Sinergikan CSR di Jakarta, Baduy  Hingga Blitar

Jakarta, Lantaibursa.id – Memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke-51, PT Kimia Farma Tbk melaksanakan serangkaian acara dengan mengusung tema “Sinergi Tanpa Batas”. Tema acara ini merupakan sebuah rangkaian aktivitas yang akan menjadi salah satu pendukung bagi kemajuan setiap layanan serta kontribusi Kimia Farma di masyarakat. Hal ini diwujudkan melalui kegiatan sinergi bersama pelanggan, sinergi bersama karyawan dan sinergi bersama masyarakat.

Hilda Shinta Corporate Communication Kimia Farma menuturkan, sebagai wujud sinergi dalam masyarakat, Kimia Farma menyelenggarakan kegiatan Corporate Social Responsibility (CSR) di bidang kesehatan, pendidikan, pengembangan UMK dan lingkungan yang dilaksanakan serentak pada tanggal 19 Agustus 2022. Kegiatan tersebut di antaranya adalah Program Bidan Inspiratif yang dilaksanakan di Baduy, Program Generasi Hebat di Jakarta, dan Program UMKM Fest di Blitar.

“Tentunya program-program tersebut selaras dengan komitmen Kementerian BUMN mengenai kepeduliannya terhadap bidang pendidikan, pengembangan UMK dan lingkungan. Tak hanya berdampak bagi masyarakat, program CSR Kimia Farma juga sesuai dengan tujuan Sustainable Development Goals (SDG) pilar nomor 4, 8 dan 13. Kimia Farma pun berupaya untuk senantiasa menciptakan nilai bersama (creating shared value) dengan pemangku kepentingan, dengan menjadikan perusahaan yang mampu memberikan nilai yang lebih untuk pembangunan sosial dan kelestarian lingkungan yang berkelanjutan bagi bisnis perusahaan.” ujarnya.

Hilda menjelaskan bahwa pendekatan Creating Shared Value (CSV) adalah suatu kerangka untuk menciptakan nilai ekonomi sekaligus mengatasi kebutuhan dan tantangan sosial masyarakat. Hal ini sejalan dengan komitmen Kimia Farma untuk senantiasa meningkatkan nilai atau manfaat keberlanjutan yakni meningkatkan kontribusi terbaik untuk pembangunan negeri. Komitmen lainnya yaitu meningkatkan dampak positif bagi kelestarian lingkungan untuk menuju perwujudan Green Industry, meningkatkan sumbangsih terbaik untuk masyarakat, meningkatkan kesejahteraan dan keselamatan karyawan serta meningkatkan layanan terbaik kepada pelanggan.

Program Generasi Hebat berhasil dilaksanakan secara offline di SMAN 70 Jakarta dengan agenda Pelantikan Agen Hebat dan Edu Talkshow dengan topik bahaya narkoba, seks bebas dan bullying. Tentunya dalam Edu Talkshow menghadirkan para ahli di bidangnya. Selain itu program ini juga berisikan fun games serta pameran dari produk Marcks Teen yang ditujukan bagi para remaja. Sementara itu, Program Bidan Inspiratif dilaksanakan di Baduy, Provinsi Banten.

“Kegiatan dilakukan dengan mengadakan home visit untuk melakukan pendampingan tim secara langsung dalam melakukan pemeriksaan kesehatan, memberikan edukasi mengenai kesehatan ibu dan anak kepada masyarakat Suku Baduy, melakukan edukasi kepada 26 Bidan Inspiratif Kimia Farma yang telah terpilih untuk kegiatan penurunan stunting.” katanya.

Terdapat juga kegiatan Program Pengembangan UMK dengan judul “UMKM Fest” yang diselenggarakan di wilayah Kantor Desa Semen, Kabupaten Blitar. Kegiatan ini memiliki
serangkaian acara berupa seremonial peringatan HUT Kimia Farma, Bazaar UMKM, talkshow/ workshop serta launching produk Olah Limbah Atsiri Center (OLIS Center).

“Program Olis Center yang merupakan pembinaan kepada kelompok masyarakat Desa Semen, dalam mengolah Limbah menjadi bahan kebutuhan sehari-hari seperti sabun mandi, sabun cuci piring, dan sabun cuci tangan. Hal ini tentu dapat memberikan dampak positif secara langsung bagi Kimia Farma khususnya terhadap keberlangsungan perusahaan seperti dari sisi ketersediaan bahan baku, memperluas pasar, dan meningkatkan kapasitas produksi perusahaan.” pungkasnya.

Cek juga

Itama Ranoraya Optimistis Raih Kinerja Positif Seiring Pertumbuhan Industri Alat Kesehatan

JAKARTA – Potensi pasar alat kesehatan (alkes) di Indonesia masih menjanjikan seiring meningkatnya kesadaran masyarakat …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *