Saturday , April 20 2024
Home / Berita / Kimia Farma Teken MoU Dengan Sinopharm International Guna Mendukung Ketahanan Kesehatan Nasional

Kimia Farma Teken MoU Dengan Sinopharm International Guna Mendukung Ketahanan Kesehatan Nasional

Jakarta, Lantaibursa.id – PT Kimia Farma Tbk dan Sinopharm International menjalin kolaborasi melalui penandatanganan Nota Kesepahaman (MoU) secara hybrid untuk peningkatan riset dan lisensi.

Selain hal tersebut, kedua belah pihak juga menyepakati adanya penguatan kerja sama meliputi produksi, distribusi, ekspor-impor, dan kolaborasi lain sebagaimana dapat disepakati oleh para pihak.

Dalam sambutannya Dirjen Kefarmasian dan Alat Kesehatan Kementerian Kesehatan RI, Rizka Andalucia mengatakan bahwa Indonesia sedang menjalankan program transformasi sistem kesehatan. Pelaksanaan transformasi ini terdiri dari 6 pilar yaitu transformasi pelayanan primer, transformasi pelayanan sekunder, transformasi sistem ketahanan kesehatan, transformasi pembiayaan kesehatan, transformasi talenta kesehatan, dan transformasi teknologi kesehatan.

Transformasi ini bertujuan untuk memberikan kesehatan bagi bangsa dan sistem ketahanan kesehatan yang lebih baik, hingga akhirnya akan berkontribusi secara global untuk memperkuat arsitektur kesehatan global.

“Sesuai dengan pilar ketiga yaitu transformasi sistem ketahanan kesehatan, Indonesia menargetkan untuk mencapai ketahanan nasional melalui dukungan pada penelitian, pengembangan, dan produksi 10 Bahan Baku Obat (BBO) dalam negeri terbanyak yang salah satunya adalah paracetamol”, ungkap Rizka.

Direktur Utama PT Kimia Farma Tbk, David Utama menyampaikan bahwa dalam mewujudkan ketahanan kesehatan nasional dan peningkatan layanan kesehatan di Indonesia, diperlukan dukungan dan kolaborasi dari mitra global. “Kami diberikan kesempatan untuk bekerja sama dengan Sinopharm dalam perluasan bisnis dan upaya mendukung ketahanan kesehatan di Indonesia,” ujar David.

President Sinopharm International, Mr. Zhou Song menuturkan bahwa Kimia Farma dan Sinopharm kembali bergandengan tangan untuk mendorong transformasi industri kesehatan. Adapun Chairman Sinopharm Group, Mr. Liu Jingzhen menyampaikan Sinopharm mendukung perjuangan melawan pandemi di Indonesia melalui penyediaan vaksin Covid-19, dimana hal ini menjadi bentuk kerja sama antar negara dalam peningkatan kesehatan masyarakatnya.

Cek juga

SIG Salurkan Bantuan dan Santunan di 7 Provinsi dalam Rangkaian Safari Ramadan 1445 H

Jakarta, Lantaibursa.id – PT Semen Indonesia (Persero) Tbk (SIG) kembali menggelar kegiatan Safari Ramadan untuk …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *