Thursday , July 25 2024
Home / Berita / Pefindo Sematkan Peringkat idAA- untuk Chandra Asri

Pefindo Sematkan Peringkat idAA- untuk Chandra Asri

Jakarta – PT Pemeringkat Efek Indonesia (Pefindo) menyematkan peringkat idAA- untuk PT Chandra Asri Petrochemical Tbk (TPIA) dan obligasi yang beredar.

Outlook untuk peringkat perusahaan diafirmasi ‘Stabil’.

Chief Financial Officer Chandra Asri Andre Khor mengatakan, peringkat tersebut mencerminkan pandangan Pefindo terhadap posisi terdepan Chandra Asri di industri petrokimia dalam negeri yang didukung oleh sinergi dengan mitra strategisnya, operasional yang terintegrasi secara vertikal dengan fasilitas pendukung yang memuaskan pascaakuisisi saham perusahaan utilitas, dan likuiditas yang kuat dengan fleksibilitas keuangan yang sangat kuat.

“Kami senang Pefindo menegaskan dan membedakan stabilitas peringkat kredit kami, mengakui perputaran kinerja keuangan kami di 2023 ini, dan kekuatan kualitas neraca kami dengan kumpulan likuiditas sekitar USD2 miliar yang terdiri dari kas dan setara kas ditambah dengan surat berharga,” kata dia dalam keterangannya, Senin (15/5/2023).

“Kami berada di jalur yang tepat untuk mencapai sinergi yang ditargetkan dalam akuisisi aset infrastruktur kami, yaitu Krakatau Daya Listrik dan Krakatau Tirta Industri, melalui peningkatan pendapatan, efisiensi operasional, dan optimalisasi modal,” tambah dia.

Andre juga menegaskan, pihaknya akan terus menjaga kehati-hatian keuangan dan disiplin modal.

Dalam hal ini, Chandra Asri memprioritaskan pengembalian yang lebih tinggi, risiko yang lebih rendah, dan investasi pengembalian yang lebih cepat, di mana Chandra Asri memiliki keunggulan kompetitif yang berkelanjutan.

“Ini selaras dengan pengumuman penandatanganan nota kesepahaman (MoU) kami baru-baru ini dengan Indonesia Investment Authority (INA), sovereign wealth fund Indonesia, untuk mengejar pengembangan pabrik chlor-alkali berskala global di Indonesia sebagai bagian dari rencana ekspansi CAP2,” paparnya.

Adapun, penerbitan peringkat idAA- yang disematkan Pefindo karena Chandra Asri memiliki kemampuan dalam memenuhi komitmen keuangan jangka panjang atas surat utang tersebut yang sangat kuat, dibandingkan obligor Indonesia lainnya.

Cek juga

INOV Optimalkan Penyerapan Produk PET dari Industri AMDK 

Jakarta, Lantaibursa.id – Perusahaan daur ulang limbah PET, PT Inocycle Technology Group Tbk (INOV) menyatakan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *