Monday , May 27 2024
Home / Berita / SBI Alokasikan 30% Keuntungan Tahun 2022 Untuk Dividen

SBI Alokasikan 30% Keuntungan Tahun 2022 Untuk Dividen

Jakarta, Lantaibursa.id – PT Solusi Bangun Indonesia Tbk (SBI/Perseroan) pada tanggal 12 Mei 2023, melaksanakan Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (.Rapat.) di Ra Suites Simatupang, Jakarta.

Salah satu keputusan rapat adalah penetapan penggunaan laba bersih tahun 2022 sebesar Rp839 miliar dan pembagian dividen sebesar 30% dari laba bersih senilai Rp251,78 Miliar atau naik 14% dari 2021.

“Perseroan berhasil menutup tahun 2022 dengan berbagai pencapaian, baik dari sisi kinerja keuangan maupun keberlanjutan yang berfokus pada inovasi di berbagai lini. Hal ini tentu tidak lepas dari berbagai upaya efisiensi, inovasi dan penguatan sinergi dengan SIG selaku induk usaha, serta Taiheiyo Cement Corporation (TCC) yang menjadi mitra strategis kami,” ujar Lilik Unggul Raharjo, Direktur Utama.

Perubahan Susunan Pengurus Perseroan Rapat juga menyetujui perubahan susunan pengurus perseroan sebagai berikut:

1. Mengukuhkan berakhirnya masa jabatan, Aulia Mulki Oemar, dari jabatan Komisaris Utama.
2. Mengangkat Prijo Sambodo sebagai Komisaris Utama dan Komisaris Independen. Sehingga, susunan pengurus perseroan yang baru adalah sebagai berikut:

Dewan Komisaris
Komisaris Utama merangkap Komisaris Independen : Prijo Sambodo
Komisaris : Herudi Kandau Nugroho
Komisaris : Yoshifumi Taura

Direksi Perseroan
Direktur Utama : Lilik Unggul Raharjo
Direktur : Soni Asrul Sani
Direktur : Ony Suprihartono
Direktur : Yasuhide Abe

Keputusan rapat lainnya

Selain menyetujui pembagian dividen dan perubahan pengurus perseroan, rapat juga menyetujui Laporan Tahunan Perseroan dan pengesahan atas Laporan Keuangan Perseroan untuk tahun buku yang berakhir pada 31 Desember 2022.

Keputusan lain yaitu pelimpahan kewenangan kepada Dewan Komisaris untuk menentukan tantiem tahun buku 2022 dan remunerasi (gaji, fasilitas dan tunjangan) tahun buku 2023 untuk Direksi, penetapan tantiem tahun buku 2022 dan remunerasi (honorarium, fasilitas dan tunjangan) tahun buku 2023 untuk Dewan Komisaris, dan penunjukkan Kantor Akuntan Publik sebagai Auditor Independen Perseroan untuk melakukan audit atas pembukuan Perseroan Tahun Buku 2023.

Memperkuat Kapabilitas Untuk Peningkatan Profitabilitas di 2023
Tingginya inflasi yang turut disebabkan oleh resesi global dan mengakibatkan kenaikan harga komoditas, mempengaruhi penurunan permintaan pasar semen domestik pada kuartal pertama 2023 yang terkontraksi -6,5% jika dibandingkan periode yang sama tahun lalu.

Berakhirnya masa liburan hari raya dan cuaca yang memasuki musim kemarau, diharapkan menjadi momentum perbaikan permintaan bahan bangunan terutama dari pasar retail pada kuartal kedua hingga akhir tahun 2023.

Penurunan permintaan pasar domestik turut mempengaruhi volume penjualan semen dan klinker Perseroan yang terkontraksi 8% dari 3,3 juta ton menjadi 3,1 juta ton pada kuartal I tahun 2023.

Meski demikian, volume penjualan beton jadi (ready-mixed concrete) dan agregat mengalami peningkatan yang cukup signifikan yang didorong oleh geliat proyek pembangunan strategis dan konstruksi sektor swasta. Perseroan pun berhasil mendulang peningkatan pendapatan menjadi Rp2,92 triliun pada kuartal pertama 2023.

Cek juga

Grup Djarum Beli Saham Anak Usaha SSIA Senilai Rp 3,1 Triliun

Melalui perjanjian yang ditandatangani ini, SSIA dan APU telah menyepakati rencana transaksi dengan total nilai mencapai Rp 3,1 triliun.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *