Wednesday , July 24 2024
Home / Berita / Gelar RUPST, Kimia Farma (KAEF) Ubah Susunan Direksi

Gelar RUPST, Kimia Farma (KAEF) Ubah Susunan Direksi

Jakarta, Lantaibursa.id – PT Kimia Farma Tbk (KAEF) telah menyelenggarakan Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) di Gedung IHLI, Jakarta, Selasa (25/6/2024). RUPST menyetujui laporan keuangan tahunan (LKT) 2023 dan sejumlah agenda lainnya ini dilanjutkan dengan paparan publik (public expose).

Dalam kesempatan ini, Manajemen KAEF memaparkan tentang laporan kinerja tahunan baik operasional maupun keuangan tahun 2023 dan berbagai pencapaian positif perusahaan selama tahun lalu. Sejauh ini manajemen KAEF menilai fundamental perusahaan masih kuat, karena adanya pertumbuhan penjualan tahun 2023 sekitar 7,93% dibandingkan tahun sebelumnya, menjadi Rp9,96 triliun. Selain itu, ditengah kondisi pasar farmasi nasional yang tertekan pada tahun 2023, Kimia Farma juga mampu menurunkan kewajiban (liabilitas) sebesar 5% dibandingkan tahun 2022.

Namun, menurut Lina Sari selaku Direktur Keuangan dan Manajemen Risiko KAEF terdapat empat isu utama yang masih menjadi tantangan bagi Perseroan. Pertama, belum optimalnya komersialisasi. Ke-dua, rasionalisasi pabrik. Ke-tiga, portofolio produk yang belum optimal. Keempat, dugaan pelanggaran integritas penyediaan data keuangan di anak usaha yaitu Kimia Farma Apotek (KFA). Adanya keempat isu tersebut telah membuat Perseroan masih membukukan kas operasi negatif.

“Berbagai faktor tersebut telah menjadi tantangan atas kinerja KAEF tahun 2023. Kami telah berhasil mengidentifikasi faktor-faktor tersebut, kemudian kami mengambil langkah-langkah strategis untuk membenahinya. Harapannya, Perseroan dapat membukukan kinerja yang lebih baik pada tahun 2024 dan ke depan,” demikian Lina.

Selain itu, dalam Rapat juga telah disetujui adanya perubahan kepengurusan di dalam Manajemen KAEF. Dalam hal ini, Kementerian BUMN telah menunjuk Djagad Prakasa Dwialam sebagai Direktur Utama KAEF yang baru menggantikan David Utama (Direktur Utama KAEF sebelumnya).

Dengan demikian Susunan Pengurus PT Kimia Farma Tbk sesuai keputusan RUPS Tahunan pada 25 Juni 2024 menjadi sebagai berikut :

Dewan Komisaris
Komisaris Utama : Fachmi Idris
Komisaris Independen : Musthofa Fauzi
Komisaris Independen : Diah Kusumawardani
Komisaris : Wiku Adisasmito
Komisaris : Dwi Ary Purnomo
Komisaris : Rendi Witular
Komisaris : Darwin Wibowo

Direksi
Direktur Utama : Djagad Prakasa Dwialam
Direktur Keuangan dan Manajemen Risiko : Lina Sari
Direktur Sumber Daya Manusia : Disril Revolin Putra
Direktur Produksi dan Supply Chain : Hadi Kardoko
Direktur Komersial : Chairani Harahap
Direktur Portofolio, Produk dan Layanan : Jasmine Kamiasti Karsono

Cek juga

INOV Optimalkan Penyerapan Produk PET dari Industri AMDK 

Jakarta, Lantaibursa.id – Perusahaan daur ulang limbah PET, PT Inocycle Technology Group Tbk (INOV) menyatakan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *