Friday , April 26 2024
Home / Berita / Peringati Bulan Inklusi Keuangan 2023, BCA Life Gelar Literasi Keuangan dan Asuransi Kepada Gen Z

Peringati Bulan Inklusi Keuangan 2023, BCA Life Gelar Literasi Keuangan dan Asuransi Kepada Gen Z

foto dok Literasi Keuangan BCA Life

Depok, lantaibursa.id – PT Asuransi Jiwa BCA (BCA Life), konsisten berikan edukasi finansial dengan menggelar seminar literasi keuangan dan asuransi kepada ratusan mahasiswa di Universitas Indonesia dalam rangka pelaksanaan puncak Bulan Inklusi Keuangan (BIK) 2023 yang dicanangkan oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) guna mendukung akselerasi tingkat inklusi keuangan yang ditargetkan mencapai angka 90 persen pada tahun 2024.

Berdasarkan data OJK, perkembangan indeks literasi dan inklusi keuangan masyarakat di Indonesia menunjukkan adanya peningkatan. Hal tersebut didukung dengan hasil Survei Nasional Literasi dan Inklusi Keuangan (SNLIK) tahun 2022 yang menunjukkan indeks literasi keuangan masyarakat Indonesia sebesar 49,68 persen dan indeks inklusi keuangan secara umum sebesar 85,10 persen. Angka tersebut meningkat dibandingkan hasil SNLIK tahun 2019 yaitu indeks literasi keuangan sebesar 38,03 persen dan indeks inklusi keuangan sebesar 76,19 persen.

Atas dasar hal tersebut, BCA Life sebagai Pelaku Usaha Jasa Keuangan (PUJK) kembali menggelar kegiatan seminar literasi keuangan dan asuransi berkelanjutan yang kali ini bertajuk “Beli Kopi atau Kejar Mimpi?” dan menghadirkan pakar keuangan sebagai pembicara tamu. Pada seminar ini, BCA Life memaparkan materi seputar pengelolaan keuangan berdasarkan skala prioritas, persiapan dana darurat, keamanan keuangan dengan mengenal instrumen keuangan, dan pemahaman mengenai pentingnya memiliki perlindungan asuransi sebagai salah satu komponen dalam perencanaan keuangan, serta gambaran mengenai lanskap pekerjaan di bidang jasa keuangan khususnya asuransi jiwa.

Direktur Kepatuhan BCA Life, Sukawati Lubis, mengatakan kegiatan ini merupakan bentuk komitmen BCA Life untuk mendukung program OJK dalam peningkatan literasi dan inklusi keuangan kepada masyarakat. “Kami berharap melalui kegiatan ini para generasi muda dapat lebih aware mengenai bagaimana cara mengelola keuangan yang baik sejak dini dan memahami berbagai instrumen investasi keuangan sekaligus menyadari akan pentingnya memiliki asuransi sebagai proteksi keuangan di masa depan,” ujarnya.

Ketua Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, Maria Ulpah, mengapresiasi inisiatif dari BCA Life yang telah menggelar seminar edukasi dan literasi seputar keuangan kepada ratusan mahasiswa Universitas Indonesia. “Kami merasa bangga dapat bekerja sama dengan BCA Life dalam menyelenggarakan seminar ini, dan kami siap bekerjasama dengan berbagai pihak dalam industri keuangan untuk memperkuat komitmen kami terhadap peningkatan akses keuangan generasi muda, terutama mahasiswa. Kami berharap bahwa melalui seminar ini, mahasiswa akan memiliki pemahaman yang lebih baik mengenai pentingnya perencanaan keuangan bagi generasi muda, sehingga mereka akan memiliki pengetahuan dan keterampilan yang diperlukan untuk menghadapi berbagai situasi. Dengan begitu, generasi muda kita dapat memberikan kontribusi positif terhadap pertumbuhan ekonomi nasional,” imbuhnya.

BCA Life berkomitmen untuk mendukung OJK dalam mewujudkan masyarakat Indonesia agar memiliki indeks literasi keuangan yang tinggi (well literate) sehingga dapat memanfaatkan produk dan layanan jasa keuangan yang sesuai untuk mencapai kesejahteraan keuanganyang berkelanjutan.

Adapun sepanjang tahun 2023, BCA Life telah menggencarkan berbagai kegiatan edukasi maupun literasi keuangan dan asuransi, diantaranya melalui event promosi perusahaan baik dalam bentuk kegiatan olah raga bersama, pameran, pemeriksaan kesehatan gratis dan seminar baik offline maupun online, serta melalui konten-konten di media sosial resmi perusahaan seperti video di YouTube, Instagram, hingga artikel website. BCA Life berkomitmen untuk mendukung penuh program-program strategis yang dicanangkan oleh OJK dalam misi untuk mendorong peningkatan indeks literasi dan inklusi keuangan nasional.(*)

Cek juga

Pemprov DKI Jakarta Apresiasi Bank DKI Sebagai BUMD Penyumbang Dividen Terbesar

Jakarta, Lantaibursa.id – Pemprov DKI Jakarta melalui Kepala Badan BP BUMD Provinsi DKI Jakarta, Nasruddin …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *